Pola promosi festive season Ramadhan pada market ritel modern di Indonesia
2019 vs 2020

Promosi ritel merupakan salah satu strategi marketing untuk mendorong penjualan. Pada market ritel modern, mereka menerbitkan katalog promosi secara berkala, seperti katalog promo JSM, katalog mingguan hingga bulanan. Dan kami menemukan bahwa market ritel memiliki pola promosi seasonal dengan mengalami perubahan yang signifikan dengan meningkat lebih dari 10% dibandingkan dari nilai rata-rata pada periode tertentu untuk tahun 2019 hingga 2020.

Trend peningkatan total promosi di Ramadhan tahun 2019 dan 2020

Pengaruh festive season: Ramadhan terhadap promosi market peritel modern

Naiknya total promosi yang terjadi di bulan May 2019 dan bulan April 2020 dipengaruhi oleh periode Ramadhan 05 May - 03 June 2019 and Ramadhan 23 April - 23 May 2020 yang berlangsung saat itu. Dibandingkan periode di bulan sebelumnya, promo produk Biskuit, Wafer dan Sirup mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dan menempati hingga lebih dari 10% total promosi.

Pola promosi di bulan Ramadhan dibandingkan bulan sebelumnya

Bagaimana strategi promosi Biskuit, Wafer & Sirup terhadap edisi katalog?

Hampir setiap peritel menerbitkan lebih dari satu edisi katalog secara berkala. Edisi katalog tersebut kami kelompokan menjadi 5 edisi berdasarkan periode berlakunya yaitu katalog weekend (lebih dikenal sebagai katalog promo JSM), katalog weekday, katalog weekly, katalog biweekly dan katalog monthly.

Untuk promo Biskuit, Wafer & Sirup di bulan Ramadhan pada tahun 2019 maupun 2020, peritel mempromosikan produk tersebut lebih banyak di katalog weekend (JSM) sebesar lebih dari 40% total promosi dari kategori produk tersebut.

Distribusi promosi Biskuit & Wafer di setiap edisi katalog

Promosi Biskuit, Wafer & Sirup di setiap channel pada Ramadhan 2019 vs Ramadhan 2020

Walaupun 3 produk primadona tersebut dipromosikan paling banyak di katalog edisi weekend, ternyata mengalami penuruan apabila dibandingkan antara periode Ramadhan 2019 dan Ramadhan 2020.

Kami menganalisa berdasarkan 3 tipe channel yaitu Minimarket (Alfamart, Alfamidi & Indomaret), Supermarket (Giant, Hari-Hari, Superindo & Toserba Yogya), dan Hypermarket (Carrefour, Hypermart, LotteMart & Lotte Grosir).

Promosi Biskuit, Wafer & Sirup di setiap channel pada Ramadhan 2019 vs Ramadhan 2020

Festive season Ramadhan menjadi salah satu momen untuk market retail mendorong promosi produk Biskuit, Wafer dan Sirup hingga lebih dari 10% dari bulan sebelumnya. Walaupun mengalami penurunan di tahun 2020 dibandingkan 2019, produk Biskuit, Wafer dan Sirup tetap lebih banyak dipromosikan di katalog edisi weekend.

Pola Promosi Market Ritel

Saat festive season Ramadhan
2019 vs 2020

See Reports

PT eDaun Inspirasi Dijital menyediakan program promo analytics yaitu eDaun Analytics. Dengan melakukan tracking terhadap aktifitas promosi di setiap channel modern market retail, eDaun Analytics dapat membantu analis bisnis produsen CPG (Consumer Packaged Goods) demi memperoleh insight yang lebih dalam tentang metrik promo terhadap competitors mereka.