Brand dengan total promo retail terbanyak di Ramadhan
2021

Total promo pada Ramadhan 2021 meningkat sangat tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Rata-rata total promo untuk semua retailer yang kami lacak adalah 10.000 promosi (data 2019 - April 2021). Di tahun 2020, promo bulan Ramadhan hanya 1% lebih tinggi dari rata-rata dan lebih rendah terhadap promo Ramadhan 2019. Sedangkan, Ramadhan 2021 dapat mencapai 15.300 promosi.

Trend peningkatan total promosi di Ramadhan tahun 2019 dan 2020

Market trends setiap promo Ramadhan berlangsung adalah Biskuit, Wafer & Sirup. Naiknya total promo market retail bulan Ramadhan 2021, didukung oleh promo produk Kategori Biskuit & Wafer hingga 71% dibandingkan promo produk tersebut di periode tahun sebelumnya. Total promo dari biskuit Nissin meningkat hingga 170%, walaupun promo produk kategori Biskuit & Wafer tetap paling banyak adalah dari brand Roma. Sedangkan promo produk kategori Sirup, tetap dipimpin oleh promo dari brand Marjan.

Pola promosi di bulan Ramadhan dibandingkan bulan sebelumnya

Strategi promosi 5 top brand Biskuit & Wafer berdasarkan tipe channel market retail

50% promo Biskuit & Wafer teralokasi di Supermarket, 30% di Minimarket, dan 20% di Hypermarket. Superindo, Yogya, Hari Hari dan Tip Top merupakan market retail yang termasuk di tipe channel Supermarket pada data ini. Sedangkan Minimarket terdiri dari Indomaret, Alfamart dan Alfamidi. Untuk Hypermarket terdiri dari Carrefour, Hypermart, LotteMart, LotteGrosir dan Giant.
Promo Minimarket untuk Biskuit & Wafer terbanyak diisi oleh promo Roma dan Khong Guan. Kedua brand tersebut mengalokasikan promo produknya 35% di Minimarket dari total keseluruhan. Sedangkan promo wafer Nabati paling banyak teralokasi di Minimarket sebesar 46%.

Distribusi promosi Biskuit & Wafer di setiap edisi katalog

Strategi promosi 3 top brand kategori Sirup berdasarkan tipe channel market retail

Dari 113 promo sirup di Minimarket, hampir 50% adalah promo sirup Marjan walaupun promo sirup Marjan paling banyak ada di tipe channel Supermarket. Namun, apabila dilihat dari persentase setiap brand sirup tersebut berdasarkan tipe channel, promo Marjan dan promo ABC sama-sama mengalokasikan 39% promosinya di Supermarket.

Promosi Biskuit, Wafer & Sirup di setiap channel pada Ramadhan 2019 vs Ramadhan 2020

Festive season Ramadhan 2021 unggul dengan promo Biskuit & Wafer dari brand Roma dan Khong Guan, dan promo sirup Marjan dan ABC.
Detail analisis yang lebih lengkap dapat diperoleh melalui eDaun Analytics. Setiap data promo retailer diekstrak berdasarkan channel, area, SKU, dan atribut lainya sehingga dapat membantu klien menganalisis strategi promosi competitor dan mengetahui market trends melalui eDaun Analytics.

Market Trends

Saat festive season Ramadhan
2021

See Reports